Wednesday, May 19, 2010

Bunga Bangkai



Saya beruntung dapat melihat bunga bangkai yang termasuk salah satu tanaman khas yang langka dan hampir punah. Saya sempat mengambil foto tanaman tersebut. Namun sayangnya, dalam tulisan ini saya belum menyertakan foto bunga bangkai.
Bunga bangkai nama latinnya amorphophallus titanium (tulisan seharusnya miring). Bunga bangkai mekar hanya bertahan dalam beberapa hari. Saya melihat bunga bangkai pada hari ke-3 sehingga kondisinya hampir layu. Sesuai dengan namanya maka bunga ini tidak semerbak wangi namun memiliki bau seperti bangkai.
Saat ini Bunga Bangkai semakin jarang dijumpai. Sehingga saya sangat beruntung dapat menyaksikan secara langsung Bunga Bangkai. Secara fisik Bunga Bangkai terlihat sangat besar dan tinggi mencapai lebih dari 2 meter. Bunga Bangkai berbeda dengan Bunga Raflesia. Secara fisik Bunga Raflesia mekar melebar namun tidak tumbuh setinggi Bunga Bangkai. Semoga saya masih bisa melihat Bunga Raflesia selama di Curup.

No comments:

Post a Comment