Tuesday, May 18, 2010

Pesta Rakyat Menyambut Ultah Kota Curup

Hari jadi Kota Curup diperingati setiap tanggal 29 Mei. Sehingga di bulan tersebut diadakan berbagai acara untuk menyambut HUT Kota Curup pada tahun 2010 yang ke-130. Kok Kota Curup ya? Bukankah harusnya Kabupaten Rejang Lebong? Hal ini terkait dengan nilai historis keberadaan Kota Curup yang lebih dahulu ada dibandingkan dengan Kabupaten Rejang Lebong.
Acara dimulai dengan parade pada tanggal 15 Mei dari berbagai instansi dan kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mengikuti parade pada umumnya menampilkan busana adat tidak lupa juga dibawa hasil bumi daerah setempat. Parade yang relatif unik dari dinas kesehatan khususnya RSUD Curup. Kenapa? Karena dalam barisan parade ada orang berpakaian dokter, perawat, pakaian operasi, dan pasien yang dibalut perban plus make up sehingga terlihat sebagai pesakitan. Tidak cukup hanya menggunakan perban, namun juga dengan tongkat penyangga dan berjalan tertatih-tatih. Aneh-aneh saja, apakah tidak capek berjalan pura-pura pincang dengan jarak relatif jauh dan cuaca agak panas? Ya, untuk ukuran kota kecil relatif meriah sehingga menghibur para warga setempat termasuk saya sendiri.
Malam harinya pembukaan pameran dimeriahkan salah satunya dengan pertunjukan kembang api dan tarian khas suku Rejang yaitu Kejei. Diikuti pameran hasil pembangunan daerah setempat yang menurutku lebih tepat disebut pasar rakyat. Jika di Yogyakarta maka seperti pameran pembangunan Kabupaten Sleman atau Sekaten. Namun ini lebih meriah. Lebih meriah bukan dilihat dari jumlah stand atau kualitas produk tetapi karena antusias masyarakat setempat yang masih relatif tinggi dibandingkan di Yogya. Saya juga tidak kalah antusias dengan warga setempat bahkan sudah 2x saya mengunjungi pameran yaitu tahun 2009 dan 2010. Saya mengunjungi tiap stand yang ada. Pameran hasil pembangunan diadakan di lapangan Setya Negara Kota Curup. Berbagai stand yang ada antara lain stand dari tiap instansi pemerintah, stand aneka makanan, barang pecah belah, pakaian, mainan, motor, bank BRI, Pos Indonesia, dan lain-lain. Yang jelas produk yang ditawarkan umumnya diperuntukan bagi masyarakat kelas menengah kebawah. Stand instansi pemerintah biasanya kita akan mendapatkan informasi mengenai profil, dan kemajuan yang telah dicapai di suatu instansi. Ada juga stand permainan anak-anak yang lumayan menghibur dengan harga terjangkau. Waktu yang paling tepat untuk mencoba aneka jenis permainan adalah sore hari karena panas tidak lagi menyengat tentu saja lebih santai. Oh iya, jika kita ingin membeli makanan di pameran harus hati-hati. Karena kebanyakan kurang terjaga kebersihannya. Sebaiknya kita membeli makanan dalam kemasan tertutup yang relatif lebih bersih. Menurut pengamatan saya, pameran tahun 2010 berbeda dengan tahun 2009. Pertama, dari segi cuaca. Tahun lalu sebulan pameran berlangsung tidak turun hujan, sekarang cuaca kadang tidak bersahabat sehingga merugikan para penjual yang tidak memiliki tempat khusus. Kedua, ada stand toko buku Gramedia cabang Mega Mall Bengkulu. Lumayan mengobati kerinduan pergi ke toko buku. Di stand Gramedia lokasinya terpisah yaitu terletak di salah satu rumah penduduk di pinggiran Lapangan Setya Negara. Kita dapat menjumpai aneka tas anak, remaja merk Planet Ocean, dompet merk Milk Teddy. Buku-buku yang tersedia misalnya tentang resep masakan, novel, agama, kesehatan, umum, dan lain-lain. Ketiga, tahun lalu stand aneka permainan anak menjadi satu disisi barat lapangan sekarang terpencar letaknya dibagian pinggir lapangan sisi timur dan selatan. Keempat, waktu pelaksanaan. Pada tahun 2009 berlangsung selama sebulan namun tahun 2010 hanya selama 2 minggu.
Pameran yang berlangsung selama 2 minggu ini juga dimeriahkan dengan lomba rebana. Kabarnya Pemda setempat beberapa tahun lalu memberikan bantuan dana untuk membeli kain. Semoga pemberian dana dari Pemda benar-benar tepat sasaran dan manfaat. Lomba rebana telah diadakan dari dulu dan tiap tahun. Selain itu, ada berbagai jenis lomba lainnya untuk memeriahkan HUT Kota Curup. Ada juga jalan santai pada minggu pagi yang dapat diikuti para warga Kota Curup dengan hadiah yang lumayan menarik minat warga setempat. Selamat Buat Kota Curup Semoga semakin maju dan berkembang.

No comments:

Post a Comment