Thursday, April 15, 2010

Apakah Air Liur Manusia Berkhasiat?

Sewaktu anak saya masih bayi memiliki alergi terhadap ASI. Sehingga jika wajahnya terkena ASI lama-lama memerah dan jika musim kemarau menjadi kasar mungkin juga gatal karena anak saya sering menggaruk wajahnya. Saat itu nenek dan orang tua menyarankan setiap bangun tidur pagi segera oleskan air liur pertama kali diwajah anak saya. Terus terang saya meragukan hal itu karena apa hubungannya air liur dengan alergi di wajah anak saya? Pada awalnya saya ikuti saran itu karena apa salahnya untuk diikuti. Saat saya mengoleskan air liur secara rutin memang kemerahan di wajah menghilang namun wajah anak saya menjadi kasar seperti mengelupas terutama saat musim kemarau. Menurut dokter alergi akan hilang jika usia diatas 3 bulan. Memang benar alergi anak saya hilang saat usia menginjak 4 bulan. Kemudian saat saya membaca artikel yang ditulis bapak Aley H Gondasari di www.5elemen.com tentang Air Liur dan Sarang Burung Walet saya baru mengetahui bahwa air liur manusia 50% lebih berkhasiat bagi kesehatan. Namun untuk dapat berkhasiat maka kita harus makan makanan sehat yang mengandung 6 mineral yang diperlukan tubuh. Nah saat saya mengoleskan air liur kepada wajah anak saya kenapa kurang mempan? Ternyata saat itu saya kemungkinan kekurangan mineral ditandai dengan tumit yang sakit jika berjalan terutama saat bangun tidur pagi. Hal itu saya alami setelah melahirkan. Kekurangan mineral rentan dialami oleh wanita setelah melahirkan terlebih pola makan yang tidak sehat karena saya termasuk penyuka gorengan dan vegetarian namun salah konsep. Padahal air liur berkhasiat jika mengandung 6 mineral yang didapat jika kita mengkonsumsi makanan sehat. 6 mineral yang diperlukan tubuh antara lain Ca, Fosfor, Mg, K, Na, dan Fe. Keenam mineral tersebut cukup dengan makan makanan sehat yang mudah dan murah salah satunya kacang panjang segar atau kukus cukup 1 buah setiap hari sudah memenuhi kebutuhan gizi kita. Penasaran sumber makanan sehat yang lain? Buka saja di www.5elemen.com yang diteliti dan ditulis Aleysius H Gondasari. Selain itu, air liur yang sehat selain cukup mineral juga mengandung enzim.

No comments:

Post a Comment